.

Thursday 26 January 2012

Switch

Switch adalah salah satu perangkat network yang berfungsi sebagai penghubung antara perangkat lainnya seperti komputer, hub, brigde, router dan lain lain. swicth bekerja pada layer data link pada model OSI. Cara kerja switch hampir mirip dengan bride, namun switch memiliki kelebihan. switch dapat mempelajari MAC Address pada host tujuan, sehingga data yang dikirim bisa langsung kepada host tujuan, swicth juga mampu mengecek frame yang error dan memblocknya.

Switch dibedakan menjadi 2 jenis.Manageable dan unmanageable, swicth manageable adalah swicth yang bisa di konfigurasi sesuai dengan kebutuhan network, yang nantinya akan berpengaruh pada sistem network tersebut, contohnya pembatansan bandwidth, IP, pemblokan traffic dan lainnya.Umumnya switch ini dikonfigurasi dengan menggunakan kabel console yang biasanya disediakan oleh verdor tersebut yang nantinya dikoneksikan dengan komputer, konfigurasinya bisa dilakukan via cmd, hyperterminal dan software bawaan. Umumnya switch buatan cisco yang sering digunakan.
Switch unmanageable adalah switch yang Plug and play yaitu langsung beroperasi ketika disambungkaan ke network, switch ini bekerja dengan menforward paket paket. switch ini tidak dapat di konfigurasi.






Menurut cara kerjanya switch dibedakan dalam beberapa kelompok :

1. Cut Trought / Fast Forward
Jenis ini bekerja dengan cara mengecek alamat tujuan yang terdapat pada header frame yang selanjut langsung dikimkan pada host tujuan. dengan kondisi ini, waktu tunggu / latency bisa berkurang. jenis ini memiliki kecepatan yang tinggi, namum frame yang error tetap diteruskan ke host tujuan.

2. Store and Forward
Jenis ini bekerja dengan cara menyimpan semua frame dan di cek dengan mekanisme CRC (cyclic redundancy check). Jika terdapat frame yang error, maka frame akan dibuang dan tidak diteruskan ke host tujuan. jenis ini memiliki ketelitian yang tinggi, namum kecepatan yang berkurang dalam memforward paket paket.

3. Fragment Free / Modifief Cut Trought
Cara kerjanya hampir mirip dengan store and forward, Namun switch hanya membaca 64 byte dari frame sebelum di forward ke host tujuan. Nilai 64 byte adalah jumlah minimun yang dianggap "penting" untuk memastikan error tidaknya frame.

Beberapa switch telah mengalami perubahan, dengan menambahkan fitur fitur tambahan. seperti Quality Of Service, VLAN, Type Of Service dan lain sebagainya.

0 comments

Post a Comment