.

Thursday 15 March 2012

Menigkatkan Sinyal wireless

Terkadang koneksi Wifi yang mengandalkan sinyal terasa kurang maksimal. Disini terdapat beberapa tips yang mungkin dapat membantu

5: Posisi Router

sebuah sinyal wireless tidak terlalu jauh jangkauannya, setiap dinding dan objek besar dapat menyebabkan interferensi. untuk itu, penempatan wireless router di tempatkan pada central/atau pusat area untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Tempatkan router pada permukaan yang datar dan jaub dari penghalang. selain itu, interferensi dapat terjadi dari sinyal wireless lainnya yang bedekatan. maka pastika anda menggunakan wireless channel tertentu untuk membatasi interferensi.

4: Mengganti/menggeser posisi Antenna

Kebanyakan antena yang terdapat pada router baru berjenis omni-directional antena. antena ini memancarkan sinyal wireless ke segala arah yang sangat cocok digunakan di rumah/kantor kecil dengan jankauan yang pendek. Antena directional dapat ditingkatkan jangkauannya dengan memfokuskan sinyal antena pada arah /tempat tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan. antena ini sering disebut antena "high gain" dan satuan sinyalnya dinyatakan dengan decibels (dB).

3: Menggunakan Repeater

Sebuah wireless repeater dengan mudah dan aman dapat meningkatkan kualitas sinyal. Sebuah repeater mudah di instal dan tidak perlu tambahan kabel ataupun koneksi.multiple repeater dapat digunakan pada rumah dan perkantoran untuk keperluan jaringan yang kompleks.


2: Menggunakan Antenna Booster

anda dapat membuat refelktor antena untuk meningkatkan sinyal wirelees. ada banyak cara dan tutorial di beberapa web site untuk membuatnya dengan material yang biasa digunakan seperti foil. Design yang umum digunakan seperti satelit parabola dan antena yagi. kedua dapat menigkatkan jangkauan sinyal wireless dengan kulaitas yang berbeda beda tentunya.


1: meng-Upgrade Firmware

Produsen router mengupdate firmware router secara teratur dan mengupgrade untuk menigkatkan kualitas dan fitur. Cara lainnya adalah dengan menginstal firmware lain yang memiliki fitur yang lebih dari firmware bawaan pabrik dengan catatan kompatibel dan aman dengan versi router yang anda miliki.

semoga bermamfaat....

0 comments

Post a Comment