.

Tuesday 6 March 2012

Stealth Teknologi

Pada artikel sebelumnya mengulas tentang prinsip dasar sistem radar. Yang intinya adalah Radar bekerja dengan memancarkan energi radio, lalu dipantulkan kembali oleh objek yang terkena gelombang tersebut. Radar akan mengukur waktu datangnya pantulan energi tersebut dan menghasilkan informasi seberapa jauh jarak objek itu

Badan pesawat yang berbahan logam sangat baik untuk memantulkan sinyal sehingga memudahkan untuk menemukan dan melacak keberadaan pesawat dengan radar.

Tujuan dari teknologi stealth adalah membuat pesawat tidak terdeteksi radar. cara yang digunakan adalah bentuk pesawat yang khusus, memantulkan sinyal radar apapun sehingga menggambarkan pesawat jauh dari radar dan pesawat ditutup dengan bahan tertentu sehingga menyerap sinyal radar.
Pesawat konvensional umumnya memiliki bentuk yang bulat. Bentuk ini memang aerodinamis, sangat efisien untuk memantulkan kembali sinyal radar yang di transmitkan dari manapun arahnya.


Di sisi lain, pesawat stealth memiliki bentuk yang datar dan tepi yang sangat tajam. Ketika sinyal radar di pancarkan, maka sinyal akan memantulkan jauh di sudut sudutnya.

Selain itu, permukaan pada pesawat siluman dapat diperbaiki sehingga menyerap energi radar dengan baik. Seperti pesawat stealth F 117A layaknya burung kecil dalam radar daripada pesawat biasa.




0 comments

Post a Comment