.

Sunday 29 January 2012

3G Network


Berdasarkan standar telekomunikasi internasional jaringan 3G adalah generasi ketiga dari jaringan mobile dan telekomunikasi. Memiliki fitur yang lebih luas dan kapasitas yang besar dari jaringan 2G sebelumnya. Jaringan 3G meningkatkan rate transfer informasi dikenal sebagai efisiensi spektral yang berpengaruh pada jangkauan telephone yang lebih luas, begitu juga dengan video dan internet broadband. Ini disebut sebagai standar IMT-2000. 

Jaringan 3G menyediakan kecepatan download 14,4 Mbps dan kecepatan upload 5,8 Mbps. Kecepatan minimum untuk user yang tidak bergerak atau tetap mencapai 2 Mbps. Untuk user yang berada dalam kendaraan yang bergerak bisa mencapai 348 Kbps. Teknologi ini memiliki system yang dikenal dengan system layer. Setiap transmisi mempunyai tiga layer informasi. Layer pertama adalah General Service. Kedua adalah Control Data Transmission. Terakhir Basic Connectivity Information.

Ada perbedaan antara WiFi (IEEE 802.11) dan 3G. WiFi pada dasarnya adalah jaringan tanpa kabel jarak dekat yang memberikan bandwidth yang tinggi yang dirancang untuk transfer data. Jaringan 3G cenderung kepada jaringan mobile cellular dan akses internet.

Jepang dan Korea Selatan adalah negara pertama yang berhasil menerapkan jaringan ini. Perusahaan jepang FOMA menerapkannya pada mei 2001 dan SK Telecom Korea Selatan pada Januari 2002. Diikuti oleh British Telecom di Inggris dan Mobile Monet network di Amerika Serikat. Pada 2007, sebagian besar negara telah menerapkan teknologi ini.

Penundaan proses pembangunan jaringan 3G berpengaruh pada pertumbuhan di banyak negara. Jaringan ini menggunakan frekuensi radio yang berbeda dari 2G, yang memaksa banyak perusahaan untuk membangun infrastruktur yang baru dan mendapatkan lisensi tambahan. Negara-negara seperti China dan Indonesia sengaja memilih untuk menahannya dari public selama beberapa tahun.

Kelemahan security pada jaringan 3G telah dikurangi. Sistem ini menggunakan KASUMI block crypto encryption bukan A5/1 stream cipher pada jaringan 2G. Sementara sejumlah kelemahan telah diidentifikasi dan sistem ini secara keseluruhan telah aman digunakan. Beberapa tantangan yang menghambat penerapan jaringan 3G pada sejumlah perusahaan telekomunikasi adalah ketidakstabilan keuangan sepanjang tahun 2007, dan 2008 seiring naiknya biaya telepon dan tower komunikasi (menara BTS).

0 comments

Post a Comment