.

Tuesday 10 January 2012

MAC Address

Dalam jaringan komputer, Media Access Control (MAC) Address sama pentingnya seperti alamat IP. MAC Address adalah alamat fisik jaringan yang mengidentifikasikan sebuah hardware atau interface  MAC address memiliki bilangan heksadesimal 12-digit (48 bit panjangnya). MAC Address biasanya ditulis dalam format berikut :

00:26:82:6:A6:62

Nomor unik yang tertera pada MAC Address berisi nomor ID dari vendor yang telah ditetapkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Bagian 6 bit pertama dari alamat MAC berisi nomor ID dari produsen atau vendor pembuatnya. Bagian 6 bit kedua dari alamat MAC merupakan nomor seri yang ditetapkan pada adapter. perhatikan MAC Address di bawah ini :

 00:26:82:6:A6:62


MAC Address diatas menunjukan produsen dari Gemtek Technology Co., Ltd.

 
Mengapa menggunakan MAC Address ?

Perlu diketahui, arsitektur utama TCP/IP dan jaringan umumnya mengadopsi model OSI. Dalam model ini, fungsi dari jaringan dibagi menjadi beberapa layer. MAC Address bekerja pada layer data link ( layer ke 2 dalam model OSI). dengan begitu, komputer atau host sudah bisa di indentifikasi lewat nomor unik MAC Address nya di dalam sebuah jaringan pada tingkat yang relatif rendah.


MAC Address VS IP Address

MAC Address dan IP address bekerja pada layer yang berbeda di model OSI. MAC bekerja pada layer 2 dan IP pada layer 3. Ini hanyalah sedikit perbedaan yang mana IP Address bekerja pada implimentasi software dan MAC Address berimplimetasi pada hardware. MAC Address yang tertera pada sebuah perangkat adapter umunya tidak bisa dirubah dan selalu berhubungan dengan perangkatnya. sedangkan IP address dapat diganti dari setiap device ke device yang lainnya dalam suatu jaringan

IP network menjaga mapping antara IP address dan MAC address. Unutk keperluar mapping IP address ke MAC address maka dibuatlah ARP (Address Resolution Protokol), Proses ini dilakukan hanya untuk datagram yang dikirim oleh host, karena pada saat proses ini host menambahkan header pada datagram. Mapping dari IP address ke MAC address dilakukan berdasarkan ARP cache atau tabel ARP. Cache ARP berisi IP add host dan MAC adrress tersebut. Itu diperlukan karena tidak adanya hubungan antara IP address dan MAC address host tersebut. ARP menjaga agar tabel atau cache ARP selalu update.

0 comments

Post a Comment